Laman

Rabu, 18 Oktober 2017

Mereka yang kidal lebih berisiko tinggi untuk terkena TBC

Mereka yang kidal lebih berisiko tinggi untuk terkena TBC,- Kidal atau orang kidal adalah orang yang sering melakukan segala sesuatu dengan tangan kirinya, dibandingkan dengan menggunakan tangan kanan pada umum.

Ada banyak mitos yang beredar berkaitan dengan orang kidal. Mulai dari mereka cenderung berlaku kasar hingga bersikap spontan.

Selain mitos tersebut, kamu pasti jarang mendengar bahwa orang kidal cenderung memiliki wajah yang lebih ramping dan lebih rentan untuk terkena penyakit TBC.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online di jurnal Laterality: Asymmetries of Body, Brain and Cognition ditemukan bahwa sekitar 25% individu dengan wajah yang ramping cenderung kidal. Selain itu karena bentuk wajah yang spesifik ini, maka orang kidal memiliki bentuk rahang di mana gigi depan atas lebih menonjol daripada gigi depan bawah sehingga rentan untuk terkena tuberkulosis atau TBC.

"Berat tubuh yang di bawah rata-rata juga membuat orang kidal mudah mengalami TBC," terang penelitian ini.

"Sekitar 2000 tahun yang lalu seorang dokter Yunani secara pertama kali mengidentifikasi bahwa mereka yang memiliki rahang ramping rentan kena TBC. Dan hal ini ternyata benar!," ungkap Philippe Hujoel, penulis penelitian ini dari University of Washington School of Dentistry. "Dan penelitian abad terbaru pun mengonfirmasinya."
 
TBC adalah penyakit paru-paru yang menular. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini menyebar melalui bersin, batuk, dan bahkan melakukan kontak langsung dengan si penderita.

"Selain karena tubuh kurus yang ditandai dengan wajah ramping, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah atau mereka yang merokok, berisiko tinggi untuk terinfeksi TBC.

Baca juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar